Sejarah Marcopolo

Marco Polo lahir pada 15-09-1254 dan meninggal pada 08-01-1324 pada umur 69 tahun. Ia adalah pedagang dan penjelajah asal Italia yang pernah menyusuri jalan sutera. Ia pergi ke China semasa berkuasanya dinasti Mongol. Ia belajar tentang perdagangan selagi ayah dan pamannya, Niccolo dan Maffeo, melakukan perjalanan melalui Asia dan tampaknya bertemu Kubilai Khan. Pada tahun 1269, mereka kembali ke Venesia dan bertemu Marco untuk pertama kalinya. Mereka bertiga memulai sebuah perjalanan epik ke ASia, dan kembali setelah 24 tahun, menemukan Venice berperang dengan Geno. Marco dipenjarakan dan mengisahkan ceritanya kepada teman satu selnya. Ia dibebaskan tahun 1299, menjadi pedagang kaya, menikah dan punya tiga anak.
Ia terkenal karena kisah2nya sangat menarik dan aneh bagi bangsa eropa. Pada masa itu, bangsa barat tidak mengenal dunia timur. Sebagian cendekiawan berpendapat bahwa Marco Polo memang pergi ke China, tetapi tidak mengunjungi semua tempat yang digambarkan dalam bukunya (misalnya Xanadu).
Salah sati kisah Marco Polo yang menarik untuk bangsa Indonesia adalah cerita tentang Unicorn atau kuda bertanduk satu yang menurutnya dijumpainya di pulau Sumatera. Tetapi, ilmu pengetahuan membuktikan bahwa yang ditemukan Marco Polo itu bukanlah Unicorn melainkan badak Sumatra. Ia meninggal pada tahun 1324, dan di makamkan di San Lorenzo.
Sumber: Wikipedia Indonesia

Updated at: 21.02